Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Rambut merupakan mahkota bagi wanita sehingga tak salah jika para wanita melakukan aneka perawatan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Tak hanya wanita, pria pun saat ini sudah banyak yang lebih aware terhadap penampilan rambut. Salah satu masalah yang kerap muncul dan mengganggu keindahan rambut adalah masalah ketombe. Ketombe ini dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri ketika berada dekat dengan orang lain.

Ketombe merupakan masalah pada kulit kepala yang tidak jarang menyerang orang dewasa baik wanita maupun pria. Ketombe ini berbentuk serpihan putih berukuran kecil yang akan berjatuhan ketika Anda menggaruk ataupun mengibaskan rambut. Munculnya ketombe ini terkadang dianggap sebagai indikasi bahwa seseorang tidak cukup higienis dalam merawat rambut. Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena penyebab dari ketombe ini ternyata beragam.

Ketombe sendiri disebabkan oleh suatu mikroba yang memang tinggal di kulit kepala manusia yaitu Malassezia globosa. Mikroba ini berfungsi mengurai minyak di bagian kulit kepala. Ketika minyak terurai maka kelenjar di kulit kepala akan memproduksi asam oleat dan memperbarui sel-sel kulit. Sel kulit yang diperbarui terlalu cepat dapat membuat produksi sel kulit kepala berlebih hingga menggumpal dan membentuk serpihan putih. Serpihan putih ini yang oleh masyarakat Indonesia disebut sebagai ketombe.

Kemunculan ketombe di kulit kepala bisa menjadi lebih parah jika dihadapkan pada beberapa kondisi seperti udara yang panas, kulit kepala yang berkeringat serta paparan terhadap polusi berlebih. Oleh karena itu Anda perlu rutin membersihkan rambut dengan shampoo khusus supaya kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala senantiasa terjaga. Nah, jika masalah ketombe ini sudah terlanjur menghampiri maka Anda bisa mengambil langkah-langkah mengatasi ketombe secara alami berikut ini:

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Memijat Dengan Minyak Zaitun

Kulit kepala yang kering rentan menyebabkan sel kulit mengelupas dan rontok sebagai ketombe. Memijat kulit kepala dengan minyak zaitun dapat membantu melembabkan dan menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Anda dapat langsung mengoleskan minyak zaitun dan memijatnya perlahan pada kulit kepala Anda. Lakukan rutin agar kulit kepala tetap sehat dan bebas ketombe.

2. Memijat Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni atau VCO mempunyai kegunaan yang baik untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala. Minyak kelapa ini mengandung zat yang dapat menekan tumbuhnya jamur di kulit kepala. Selain itu, minyak ini juga memiliki kandungan vitamin E untuk menutrisi kulit kepala agar kulit kepala tetap sehat. Bahan ini dapat diaplikasikan dengan cara mengambil sekitar satu sendok makan VCO atau minyak kelapa kemudian mengoleskannya ke kulit kepala yang berada dalam kondisi kering. Balurkan minyak secara merata ke seluruh permukaan kulit kepala sembari melakukan pijatan lembut dan ringan. Setelah merata, diamkan minyak kelapa tadi selama kurang lebih setengah sampai satu jam. Setelah waktu tunggu selesai, bersihkan rambut dan kulit kepala dengan cara keramas menggunakan sampo seperti biasa.

3. Mengoles Air Lemon

Lemon adalah buah dengan segudang khasiat. Bagi Anda yang bermasalah dengan ketombe, air lemon yang bersifat asam dapat membantu membunuh bakteri serta jamur yang menempel di kulit kepala Anda. Jamur dan bakteri penyebab ketombe ini akan langsung dibasmi oleh air lemon begitu bahan ini diusapkan di kulit kepala Anda. Cara aplikasinya adalah dengan mengambil buah lemon segar kemudian ambil sarinya dengan cara diperas. Selanjutnya air perasan lemon ini bisa Anda campurkan dengan segelas air agar tidak terlalu pekat dan mudah dioleskan. Sebelum digunakan, basahi lebih dulu rambut Anda kemudian tuang campuran air dan sari lemon tadi ke kulit kepala hingga merata. Diamkan sampai mengering, kurang lebih 20 hingga 25 menit. Air lemon biasanya akan langsung bereaksi dengan kulit kepala dan menimbulkan rasa sedikit gatal. Setelah selesai bilas dengan air bersih kemudian bersihkan rambut dan kulit kepala dengan sampo.

4. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh mulai dari kulit hinga rambut. Selain dipercaya mampu menebalkan dan menghaluskan rambut, lidah buaya ini juga ternyata mampu mengatasi masalah ketombe dengan cara mengelupaskan dan mengangkat sel kulit mati di kepala. Aplikasi gel lidah buaya di kulit kepala juga bisa memberikan rasa nyaman dan mengurangi gatal. Anda akan merasakan sensasi dingin ketika kulit kepala dioles dengan daun ini. Cara pakainya adalah dengan mengambil daun lidah buaya segar dan membelahnya untuk mengambil bagian gel di dalam daun. Gel yang sudah diambil kemudian dioleskan ke seluruh permukaan kulit kepala sembari dipijat lembut. Biarkan gel lidah buaya mengering sekitar 10 sampai 15 menit kemudian bersihkan.

5. Mengoles Dengan Cuka Apel

Sifat asam pada cuka apel juga ternyata ampuh untuk menghilangkan mirkoba penyebab ketombe di kulit kepala. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan kurang lebih 50ml sari cuka apel dengan 50ml air bersih. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan langsung semprotkan ke kulit kepala secara merata. Tutup rambut menggunakan handuk kemudian biarkan setengah sampai satu jam sebelum dibilas.

6. Scrub Baking Soda

Scrub baking soda digunakan untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati penyebab ketombe di kulit kepala. Cara penggunaan scrub ini adalah dengan membasahi rambut terlebih dahulu kemudian oles dan gosokkan baking soda ke seluruh permukaan kulit kepala. Akhiri proses tadi dengan membersihkan kulit kepala hingga bersih sempurna.

7. Mengoles Dengan Yoghurt

Yoghurt adalah olahan susu yang difermentasi. Yoghurt ini besifat asam yang dapt membantu membunuh jamur atau mikroba penyebab ketombe. Selain menghilngkan ketombe, yoghurt juga memiliki kegunaan lainnya yaitu membuat rambut lebih bersinar dan juga halus. Aplikasi yoghurt untuk ketombe ini adalah dengan menggunakan yoghurt plain yang dibiarkan dulu selama satu hari di udara terbuka. Tindakan ini bertujuan untuk membuat proses fermentasi yoghurt kembali berlangsung. Yoghurt yang sudah dibiarkan tadi kemudian dioleskan langsung ke bagian rambut seperti sedang mengaplikasikan masker rambut mulai dari kulit kepala, pangkal hingga ujung rambut. Usapkan ke seluruh bagian rambut secara merata. Biarkan rambut selama satu jam agar kandungan yoghurt terserap sempurna. Setelah selesai bersihkan rambut menggunakan sampo hingga bersih dari sisa yoghurt. Cara ini bisa Anda lakukan seminggu 3 kali untuk hasil yang optimal.

Masalah ketombe bisa menghampiri siapa saja dengan penyabab yang berbeda pula. Agar kulit kepala tetap sehat dan bebas dari masalah yang satu ini Anda harus selalu membersihkan rambut secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran di kulit kepala. Jika ketombe sudah muncul lakukan langkah menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Penggunaan bahan alami ini minim risiko negatif namun tetap bisa memberikan efek signifikan dengan penggunaan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *