Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Alami dan Mudah

Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Alami dan Mudah – Memiliki tinggi badan ideal dirasa perlu bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang bercita-cita hendak berkarir di bidang militer atau bidang lain yang mensyaratkan minimal tinggi badan tertentu. Selain itu, tinggi badan yang ideal memang akan membuat tubuh seseorang tampak proporsional dan enak dipandang.

Badan yang tinggi juga akan memberi kita keuntungan saat harus meraih sesuatu di tempat yang tinggi, misalnya mengambil barang di rak atas, dan lain sebagainya. Namun, tak jarang ada orang-orang yang tinggi badannya terkesan mentok di angka tertentu yang masih berada di bawah angka ideal. Untuk mengatasinya, diperlukan cara menambah tinggi badan yang alami serta mudah di bawah ini.

Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Alami dan Mudah :

1. Olahraga

Sebelumnya, penting untuk diketahui bahwa pertumbuhan tinggi badan akan dimulai sejak seseorang memasuki usia remaja. Pria akan memulai masa pertumbuhannya di usia 11 tahun dan puncaknya pada usia 13 tahun, sementara wanita akan memulainya pada usia 9 sampai 10 tahun dan mencapai puncak di usia 11 sampai 12 tahun. Masa pertumbuhan ini baru akan berhenti di akhir masa pubertas.

Salah satu cara agar bisa menaikkan tinggi badan secara alami adalah lewat olahraga. Olahraga tak hanya akan membuat tubuh semakin bugar serta sehat, namun juga dapat menambah tinggi badan. Rutinlah melakukan olahraga tertentu yang dapat meningkatkan tinggi badan, seperti lari, lompat tali, basket dan sepakbola.

2. Tidur Cukup

Hindari kebiasaan tidur terlalu larut malam. Selain bisa menyebabkan kita merasa ngantuk pada keesokan paginya, tidur terlalu larut serta kurang dari 9 jam akan dapat memperlambat pertumbuhan. Ini karena pada saat kita tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan atau HGH secara otomatis.

Jadi, kurang tidur akan menyebabkan produksi hormon terganggu dan akibatnya tinggi badan sulit bertambah. Tidurlah di awal waktu agar kita bisa mendapat waktu tidur yang berkualitas. Waktu tidur di malam hari yang ideal adalah 8 jam lamanya, tidak kurang dan juga tidak lebih.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Olahraga teratur serta tidur cukup masih belum memadai jika kita tidak mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat. Hentikan konsumsi makanan tidak sehat seperti soda, makanan siap saji, kue-kue manis dan lain sebagainya. Sebaliknya, mulailah konsumsi makanan yang kaya akan kalsium serta vitamin D agar berpengaruh baik pada pertumbuhan tulang.

Di antaranya adalah susu, keju, kubis, bayam, jamur, ikan dan brokoli. Di samping vitamin D serta kalsium, makanan dengan protein tanpa lemak juga penting untuk dikonsumsi seperti daging ayam, ikan serta sapi. Selain itu, perbanyak pula makanan yang kaya akan zinc seperti kacang-kacangan, kepiting dan labu.

4. Jauhi Hal-hal Yang Bisa Memperlambat Pertumbuhan Tinggi Badan

Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan. Salah satunya adalah merokok. Anak-anak yang merokok baik pasif maupun aktif akan memiliki tubuh lebih pendek dibanding mereka yang tidak merokok. Obat serta suplemen yang mengandung steroid juga terbukti bisa menghambat pertumbuhan.

Studi menunjukkan penggunaan inhalasi yang diperkaya steroid akan menghambat pertumbuhan anak-anak selama satu tahun lamanya. Jika memang harus menggunakan obat semacam ini, pastikan kita mengonsumsinya di bawah pengawasan dokter serta sesuai dosis yang berlaku. Hindari pula konsumsi kafein karena memberi efek sulit tidur sehingga akan menghambat pertumbuhan tinggi badan.

5. Tidur Dalam Posisi Yang Benar

Posisi yang benar saat beristirahat di malam hari ternyata akan dapat mempengaruhi tinggi badan. Ini karena posisi yang tepat akan dapat menyebabkan pertumbuhan tulang menjadi sempurna. Sebaliknya, posisi yang tidak tepat akan bisa membuat tulang belakang melengkung serta postur tubuh bungkuk.

Cara yang baik ialah tidur telentang dengan wajah menghadap ke atas, kaki lurus dan tidak memakai bantal yang terlampau tinggi. Kaki sebaiknya tidak memeluk guling agar tubuh bisa lurus sepenuhnya. Posisi inilah yang akan membantu kita dalam mendapatkan tinggi badan yang diinginkan. Gunakan posisi ini saat tidur setiap malam secara rutin agar tinggi badan bisa bertambah.

6. Lakukan Stretching

Stretching atau dikenal juga sebagai peregangan ialah latihan fisik yang dapat dilakukan secara mudah. Tujuannya adalah supaya otot bisa menjadi lemas serta nyaman. Hal ini biasa dilakukan sebelum serta sesudah melakukan olahraga. Peregangan bisa dilakukan setelah bangun tidur agar bisa menambah tinggi badan dalam waktu satu minggu secara efektif. Peregangan sebaiknya dilakukan secara bertahap dan berurutan.

Mulailah dari tubuh bagian atas dan terus menuju tubuh bagian bawah. Jangan lakukan peregangan dengan acak karena peredaran darah akan menjadi tidak teratur dan membuat kita merasa pusing serta mual. Peregangan terdiri dari serangkaian gerakan sederhana sebagai pemanasan maupun pendinginan.

7. Berenang

Dari beberapa macam olahraga yang dilakukan agar dapat menambah tinggi badan, berenang adalah salah satunya. Ini karena berenang akan melatih semua otot yang ada pada tubuh sehingga tinggi badan akan bertambah secara alami. Berenang juga bisa membantu hormon pertumbuhan pada tubuh agar terus berproduksi. Agar didapat hasil yang maksimal, berenanglah minimal satu kali dalam seminggu.

Kita bisa memanfaatkan kolam renang umum yang ada di kota masing-masing. Berenanglah minimal selama satu jam. Selain bisa menambah tinggi badan, berenang juga akan membuat tubuh terasa lebih segar. Terutama karena dalam olahraga ini, seluruh tubuh akan berada di bawah air sehingga terasa rileks.

Menambah tinggi badan memang butuh proses dan tidak akan bisa dicapai secara instan. Dengan melakukan semua cara di atas secara teratur, kita akan mendapat hasil yang diinginkan dalam hitungan minggu hingga bulan. Jangan langsung menyerah jika beberapa hari kemudian masih tidak ada tanda-tanda penambahan tinggi badan. Ini karena bertambahnya tinggi badan hanya berkisar antara 3 hingga 5 cm saja dalam beberapa minggu sehingga mungkin tidak akan terlalu terlihat.

Cara-cara alami dan mudah di atas juga terbilang aman dibanding apabila kita mengonsumsi suplemen atau obat-obatan yang belum tentu terjamin keamanannya. Tidak akan ada efek samping yang didapat tubuh pada penerapan cara-cara alami ini, bahkan jika dilakukan dalam jangka panjang.

Imbangi semua cara di atas dengan kebiasaan baik yang dilakukan secara berulang-ulang tiap hari dan jadi bagian dari cara hidup kita. Di antaranya adalah menjaga postur tubuh agar tetap tegak agar tampak lebih tinggi. Beberapa orang seringkali tanpa sadar membungkuk saat berjalan ataupun duduk sehingga membuat mereka lebih pendek dari yang sebenarnya. Menjaga postur tubuh agar tetap tegak akan bisa membuat tinggi badan kita tampak proporsional.

Selain itu, postur tubuh yang tegak tentu akan lebih enak dilihat daripada postur tubuh membungkuk. Itulah aneka cara yang bisa dilakukan agar tinggi badan kita bisa bertambah dengan aman tanpa menggunakan obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *